TOEFL 550, Penting?
17/09/2015
MEA 2016? SUDAH SIAPKAH KITA?
11/11/2015

TOEIC, Tolok Ukur Standar untuk Kemampuan Berbahasa Inggris di Dunia Kerja

Di era bisnis yang semakin kompetitif, banyak perusahaan berlomba untuk menjadi yang terdepan. Berbagai strategi diluncurkan mulai dari inovasi produk dan layanan hingga peningkatan ketrampilan para karyawannya. Salah satu ketrampilan utama yang perlu dimiliki oleh seorang pekerja adalah ketrampilan berkomunikasi. Melalui praktik berbahasa yang efektif dan efisien, berbagai peluang untuk mengembangkan bisnis dan relasi dapat semakin terbuka.

Sementara itu, semakin terbukanya jalur perekonomian global membuka peluang kerjasama dengan berbagai perusahaan asing. Seiring dengan perkembangan ini, kemampuan bahasa Inggris yang baik di dunia kerja menjadi kebutuhan yang mutlak bagi setiap perusahaan yang ingin berkembang pesat. Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris di dunia kerja, TOEIC telah menjadi standar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selama 30 tahun , TOEIC dipercaya untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris professional di 150 negara di dunia.

TOEIC merupakan tes yang memuat simulasi situasi yang ada di dunia kerja secara global untuk berbagai macam bidang. Oleh sebab itu, respons yang diberikan oleh seorang karyawan atau calon karyawan ketika menjawab tes tersebut merupakan gambaran dari kekuatan dan kelemahannya di dalam melaksanakan komunikasi di dunia kerja. Dengan demikian, fungsi TOEIC antara lain:
a.Gambaran antara skor karyawan/calon karyawan dengan kemampuan bahasa Inggrisnya di dunia kerja
b.Penilaian yang akuran sebelum merekrut seorang karyawan dan memposisikannya dengan jabatan tertentu

Mengacu pada fungsi di atas, adalah suatu keputusan yang tepat bagi sebuah perusahaan untuk melakukan tes TOEIC bagi karyawan maupun calon karyawannya. Dengan mengetahui skor TOEIC, sebuah perusahaan dapat menentukan kebijakan lebih dini dalam merekrut calon karyawan atau memposisikan seorang karyawan di jabatan yang lebih tepat.(bng)

Comments are closed.