Kursus-Bahasa-Inggris-ESQ
English Assessment oleh Kursus Bahasa Inggris ESQ
02/07/2014

Test Toefl

Pertama kali saya mendengar kata TOEFL adalah beberapa tahun yang lalu ketika saya diterima di jurusan Sastra Inggris di salah satu universitas negeri di Malang. Sebagai mahasiswa jurusan Sastra Inggris, saya harus mengikuti tes  setiap akhir semester. Saat itu saya benar-benar tidak tahu apa itu test TOEFL. Karena saya tidak ingin tersesat di jalan, ikut tes tetapi tidak tahu apa yang akan diteskan sehingga nilai tidak maksimal, saya aktif mencari tahu.

Test TOEFL - TOEFL Tes Jakarta - TOEFL Indonesia
Setelah tanya ke kiri dan ke kanan lalu browsing sana browsing sini akhirnya saya tahu bahwa Tes TOEFL itu singkatan dari Test of English as a Foregin Language. Tes ini fungsinya adalah untuk mengukur individu yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Ada tiga jenis test TOEFL, yaitu IBT (Internet-based Test), CBT (Computer-based Test), dan PBT (Paper-based Test). Dari ketiga jenis tes tersebut yang diselenggarakan di Jurusan saya adalah PBT (Paper-based Test). Pada jenis tes TOEFL yang ketiga ini terdapat tiga bagian tes.

Pertama adalah Listening Test. Bagian ini meliputi Listening Part A, B, dan C. Jumlah pertanyaan untuk Listening Test adalah 50 item dan waktu yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah 35 menit. Selanjutnya adalah Structure and Written Expression. Bagian ini dibagi kedalam dua bagian, yaitu Structure dengan 15 pertanyaan dan Written Expression dengan 25 pertanyaan. Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan adalah 25 menit. Bagian terakhir dari Paper-based Test TOEFL adalah Reading. Terdapat 50 pertanyaan yang harus dijawab dalam 55 menit pada bagian Reading. Jadi, total pertanyaan dalam Paper-based TOEFL Test adalah 140 item, dan total waktu yang diperlukan adalah 1 jam 55 menit.

Selain mendapatkan gambaran tentang jenis-jenis tes TOEFL dan bagian-bagiannya serta waktu yang diperlukan untuk mengerjakan, saya juga mendapatkan informasi tentang skor yang bisa diperoleh. Skor minimal adalah 217, dan skor maksimalnya adalah 677. Tidak ada nilai minus dalam tes TOEFL.
Dengan informasi yang cukup tersebut, saya tidak membeli kucing dalam karung. Saya menjadi lebih siap menghadapi Test TOEFL yang baru saya kenal saat itu.

Oleh
Mey Dee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *